Mencar Ilmu Membuat Laporan Penjualan Dengan Rumus Index Dan Grafik Di Excel
Saya akan mengembangkan sedikit mengenai ilmu Excel yang saya dapatkan di dingklik kuliah aku. Ternyata kita mampu menciptakan acara excel berbentukpenggabungan antara rumus INDEX dengan grafik ditambah lagi dengan navigasi button tombol supaya tampakprofesional. Cara yang mau aku ajarkan ini merupakan pengembangan dan tindak lanjut dari materi dasar excel yang telah aku tulis sebelumnya.
Kita akan menciptakan sebuah penampilan penyuguhan data dimana dengan menggabungkan beberapa trik di Excel kita dapat membuat program penyuguhan data sederhana namun terlihat mirip profesional. Mungkin eksklusif saja kita praktikkan, yang aku akan contohkan ini ialah akan membuat laporan pemasaran beberapa produk dari bulan Januari hingga dengan Desember di 3 kawasan wilayah yang berlainan. Kemudian data-data pemasaran tersebut akan kita tampilkan dalam grafik batang. Berikut caranya:
A. Pembuatan Tabel Data
Dalam hal ini ada 2 tabel yang harus kita buat ialah “Tabel Laporan Penjualan untuk 3 Wilayah” dan “Tabel Data Induk”. Buatlah tabel mirip di bawah ini:
B. Membuat Tombol
Jika di Excel anda belum ada hidangan Developer untuk memasukkan tombol silahkan baca tulisan sebelumnya ialah “Cara Memunculkan Menu Tombol“. Sedangkan untuk cara membuat tombolnya silahkan anda baca “Membuat Tombol di Excel“. Buatlah seluruhnya ibarat punya saya ini:
C. Memasukkan Rumus INDEX
Jika anda baru tahu tentang rumus INDEX silahkan anda baca “Fungsi dan Kegunaan Rumus INDEX“. Bailah biar anda tidak terlampau galau saya akan mengajarkan memasukkan rumus INDEX dalam contoh ini.
Letakkan kursor anda di tabel Wilayah 1 di “Tabel Laporan Penjualan” kemudian ketikkan rumus:
=INDEX($D$6:$F$17,$H$2,1)
Keterangan:
- $D$6:$F$17 = adalah data semua tabel (Agar muncul simbol $, sesudah anda select data dari D6:S17 tekan F4 untuk mengunci)
- $H$2 = Nilai Option Button Link
- 1 = posisi urutan data kolom
Maka kesannya mirip di bawah ini:
Lakukan hal yang sama pada wilayah 2 dan daerah 3. Rumus tetap sama tetapi yang membedakannya yakni pada nilai posisi urutan kolom. Untuk Wilayah 2 nilainya 2 dan kawasan 3 nilainya 3. Berikut rumusnya:
Wilayah 2 ——> =INDEX($D$6:$F$17,$H$2,2)
Wilayah 3 ——> =INDEX($D$6:$F$17,$H$2,3)
Maka jadinya semua data kawasan 1, 2 dan 3 akan terisi data berdasarkan bulan yang anda pilih pada “Tabel Induk Data”.
D. Membuat Grafik
Jika anda belum tau cara membuat grafik di Excel silahkan baca “Dasar Membuat Grafik di Excel“. Untuk kasus ini saya akan mencntohkan untuk membuatnya. Silahkan anda select “Tabel Laporan Tabel”, lalu pilih menu Insert>>Column>>3-D Column.
Maka sehabis itu akan timbul secara otomatis grafik batang yang dibuat anda.
Nah akhirnya selesai juga kita membuat data laporan penjualannya, silahkan anda pilih bulan yang berbeda maka grafik batang dan “Tabel Laporan Penjualan” akan berganti mengikuti bulan yang anda pilih. Gimana sangat mengagumkan bukan hehehe selamat menjajal ya semoga bermanfaat.
Comments
Post a Comment